Masuk Ke PTN, Alternatifnya SNMPTN Atau SBMPTN

Terkecuali jalur nasional (SNMPTN) serta jalur SBMPTN, ada juga satu jalur penerimaan yakni Seleksi Mandiri PTN. Jadi buat lo yang terasa masuk di jurusan inceran lo lewat SNMPTN atau SBMPTN sangat sulit, lo dapat cobalah bidik Seleksi Mandiri PTN ini. Seleksi Mandiri PTN adalah penerimaan mahasiswa baru di satu PTN yang diselenggarakan serta dikelola sendiri oleh perguruan tinggi itu. Jadi contoh Kampus Negeri Malang (UM) nih ngadain penerimaan spesial UM sendiri (diluar jalur nasional serta SBMPTN) jadi itu termasuk juga Seleksi Mandiri PTN. Gitu.

Masuk Ke PTN, Alternatifnya SNMPTN Atau SBMPTN


Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program S1

Dalam Permenristek Dikti Nomer 2 Th. 2015, Penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada PTN th. 2015 terbagi dalam Seleksi Nasional (SNMPTN), Seleksi Mandiri Berbarengan (SBMPTN) serta Seleksi Mandiri PTN. SBMPTN serta Seleksi Mandiri PTN tergabung dalam 1 kelompok yakni Seleksi Mandiri, bedanya SBMPTN dikelola dengan cara terpusat untuk semuanya PTN, sedang Seleksi Mandiri PTN dikelola oleh semasing PTN yang mengadakan, sesuai sama ketentuan yang berlaku.

Jalur penerimaan PTNJalur penerimaan PTN

Beberapa jenis Seleksi Mandiri PTN

Lantaran dikelola sendiri oleh semasing PTN, jadi macam seleksi mandiri PTN tidak sama. Sebagian mekanisme Seleksi Mandiri PTN yakni :

Ujian Mandiri/Catat : Adalah mekanisme Seleksi Mandiri PTN dengan mengadakan ujian/tes. PTN yang menggunakan mekanisme seleksi ini diantaranya : UI (SIMAK UI), UNAIR, UNDIP, UGM (UTUL), UB (SPMK), IPB (UTMI) dan lain-lain.
Seleksi Raport/PMDK : Adalah mekanisme Seleksi Mandiri PTN dengan lakukan seleksi raport/prestasi. PTN yang menggunakan mekanisme seleksi ini diantaranya : UGM (PBUTM).

Seleksi Lewat Nilai SBMPTN : Adalah mekanisme Seleksi Mandiri PTN dengan lihat nilai SBMPTN siswa. Jadi PTN tak mengadakan tes, namun cukup lihat hasil SBMPTN calon mahasiswa untuk lalu dirangking. Jadi pendaftar mesti turut SBMPTN terlebih dulu. PTN yang th. 2014 menggunakan mekanisme ini diantaranya : ITS, UNHAS

Jadi jika digambarkan berbentuk bagan, jadi bakal jadi ini

penerimaan-maba-PTN

Dari bagan diatas telah tau kan bedanya SNMPTN serta PMDK? Ya walau keduanya sama seleksi raport/prestasi, tetapi apabila lo simak di bagan, posisinya telah beda.

Nah, tetapi ada pula nih sebagian PTN yang penerimaan maba-nya tak lewat Seleksi Mandiri PTN, jadi penerimaannya cuma dari SNMPTN serta SBMPTN. Hal semacam ini bisa lantaran memanglah sesuai sama Permenristek Dikti Nomer 2 Th. 2015, tiap-tiap PTN bisa melakukan Seleksi Mandiri PTN dengan kuota optimal 20% dari keseluruhan kuota mahasiswa baru, berarti bisa tak mengadakan dengan kata lain 0%. PTN yg tidak mengadakan Seleksi Mandiri PTN diantaranya : ITB, UNPAD serta UNAND

Apakah Seleksi Mandiri PTN senantiasa mahal?

Banyak anak yang skeptis jika memperoleh tawaran untuk ikuti Seleksi Mandiri PTN. “Ga ah gan! saya tak ada duit”. Umumnya sih gitu. Namun tunggulah dahulu deh, apakah semuanya jalur mandiri senantiasa mahal? Nyatanya tidak kok. Terdapat beberapa PTN yang memberlakukan perlakuan cost kuliah yang sama untuk yang di terima di semuanya jalur penerimaan, umpamanya di SIMAK UI (Reguler), UTMI IPB, atau di UM Malang.

Namun memanglah ada pula sebagian PTN yang memberlakukan mahasiswa yang di terima lewat Seleksi Mandiri PTN itu lebih mahal apabila di banding dengan jalur SNMPTN atau SBMPTN. Di sebagian PTN itu, untuk yang di terima lewat Seleksi Mandiri PTN, segera di plot di UKT (Duit Kuliah Tunggal) demikian serta demikian. Hingga pilihan cost nya jadi lebih sedikit. Jadi rajin-rajin teliti dahulu di situs semasing PTN sebelumnya anda mengambil keputusan daftar di Seleksi Mandiri PTN yang anda kehendaki ya.

Lepas dari asumsi biayanya yang mahal, sesungguhnya Seleksi Mandiri PTN itu alternatif untuk masuk di jurusan di PTN yang lo kehendaki untuk yang tidak berhasil memperolehnya di SNMPTN atau SBMPTN. Lantaran memanglah persaingan di Seleksi Mandiri itu relatif di bawah SNMPTN serta SBMPTN (walau di sebagian PTN spesifik, persaingannya juga ketat). Jadi buat lo yang memanglah inginkan masuk jurusan spesifik serta PTN spesifik, tekuni cost, system, serta masalah jalur mandirinya dari mulai saat ini ya.

Post a comment

Private comment

Profil

Dokter ginekologi

Author:Dokter ginekologi
Selamat datang ke FC2!

Artikel Terbaru
Komen Terbaru
Trackback Terbaru
Arsip Bulanan
Kategori
Borang Pencarian
Tampilkan Link RSS
Link
Form permintaan pertemanan

Jadikan teman