Memilih Pelembab Wajah untuk Kulit Berjerawat

Bila jerawat sulit disembuhkan, coba memakai pelembab wajah untuk kulit berjerawat. Sekarang ini, tersedia banyak pelembab wajah yang mempunyai kandungan anti-inflamasi dan antiseptik untuk mengatasi jerawat. Tetapi setiap jenis jerawat memerlukan perawatan yang berbeda. Untuk itu, kali ini akan dijabarkan cara memilih pelembab wajah khususnya bagi kulit berjerawat.

Memilih Pelembab Wajah untuk Kulit Berjerawat


Ketika melakukan aktivitas sehari-hari, tentunya bisa beresiko menyebabkan banyak kotoran menempel pada wajah. Kulit manusia dilindungi dengan lapisan minyak yang dikenal dengan sebum. Saat kulit kering, kelenjar minyak terpacu untuk menghasilkan sebum dengan jumlah lebih banyak. Kondisi seperti ini mengakibatkan jerawat rentan terbentuk.

Bukan hanya itu, kulit yang kering juga bisa mengurangi fungsi pertahanan kulit sehingga bisa membuat kondisi jerawat Anda semakin parah. Untuk mencegah hal itu, penting untuk memakai pelembab wajah dengan fungsi melembapkan kulit, juga menyeimbangkan kadar sebum. Agar jerawat tidak semakin parah, selalu pakai pelembab wajah bagi kulit berjerawat setelah mencuci wajah Anda.

- Memiliki Bahan Pelembab yang Kuat



Kulit yang kering adalah musuh utama untuk jerawat. Oleh sebab itu, pilihlah produk yang memiliki kandungan bahan pelembab kuat. Para ahli merekomendasikan bahan ceramide yang sanggup mempertahankan kelembapan kulit dalam waktu lama untuk mencegah kulit jadi kering. Kemudian, amino acid, yakni bahan pelembab alami yang mudah diserap oleh kulit.

Terakhir, hyaluronic acid yang sanggup menahan kadar air di dalam kulit sehingga efektif untuk melembabkan. Tekstur pelembab terbaik adalah yang cair dan lembap pada kulit. Mungkin Anda tidak terlalu menyukai teksturnya yang cair apalagi bila Anda sedang mempunyai jerawat. Namun, penting untuk memilih pelembab wajah yang sanggup memberi kelembapan cukup untuk skincare wajah Anda.

- Fokus Pada Kandungan Bahan Aktif



Pelembab wajah yang memiliki kandungan bahan yang efektif untuk melawan jerawat bisa lebih ideal untuk menjadi pilihan. Misalnya kandungan vitamin C derivatif dipercaya dapat mencegah dan mengurangi jerawat, hingga bekas jerawat. Bahan ini memiliki kandungan yang efektif untuk melawan jerawat sebab mempunyai efek membersihkan karbon aktif yang menjadi penyebab inflamasi pada jerawat.

Tidak cuma itu, bahan ini juga bisa mencegah terbentuknya bekas jerawat (mencegah pigmentasi kulit) dan mengontrol kadar sebum pada kulit wajah. Bukan hanya itu, ada juga bahan dipotassium glycyrrhizinate, yang berasal dari tumbuhan licorice, yang efektif mengontrol inflamasi juga merawat tekstur kulit yang berjerawat atau kasar. Bila bahan-bahan ini ada, bisa dikatakan bahwa pelembab wajah itu sesuai bagi kulit berjerawat.

- Pilih Produk dengan Kandungan Anti Bakteri



Mari fokus kepada kandungan yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Terdapat sejumlah komponen utama yang berperan untuk antibakteri, misalnya isopropyl methylphenol. Bahan ini bisa menekan perkembangan dan pertumbuhan bakteri sehingga efektif mencegah jerawat Anda semakin parah. Jerawat adalah tempat tinggal untuk bakteri yang awalnya ditemukan pada kulit Anda.

Tetapi jumlah bakteri yang terlalu banyak ini bisa mengakibatkan jerawat. Khususnya, untuk para remaja dengan kulit berminyak, biasanya lebih rentan berjerawat. Hal ini disebabkan bakteri bisa tersalurkan melalui minyak atau sebum yang dihasilkan dari kelenjar kulit, sehingga membentuk jerawat. Untuk orang dewasa yang berjerawat, disarankan memakai pelembab yang memiliki kandungan antibakteri.

- Pilih Produk Non-Comedogenic



Selanjutnya, sebisa mungkin pilih pelembab non-comedogenic. Pelembab seperti ini tidak memiliki kandungan asam oleat, yang bisa memberi asupan untuk bakteri penyebab jerawat. Tidak hanya itu, pelembab ini juga umumnya minim kandungan pemicu jerawat sehingga efektif mencegah ternbentuknya dan radang jerawat. Tetapi pelembab yang non-comedogenic mungkin saja kurang efektif untuk sebagian orang. Hanya saja, tidak ada salahnya untuk mencoba dan memperhatikan poin ini agar mengurangi timbulnya jerawat.

Banyak ahli juga merekomendasikan Anda untuk memilih pelembab yang memang sesuai bagi kulit sensitif pelembab yang khusus bagi kulit sensitif tentu mempunyai kandungan yang lebih ringan daripada pelembab biasa untuk kulit normal. Pelembab ini tidak memiliki kandungan bahan iritan yang kuat seperti alkohol, namun lebih banyak mempunyai kandungan alami.

Bukan hanya itu, pada produk-produk yang bebas dari bahan aditif seperti pewarna buatan atau pewangi. Bila Anda mempunyai kulit dengan jerawat, kulit Anda mungkin bisa lebih mudah teriritasi daripada biasanya. Jadi, sebisa mungkin pilih produk yang aman dan lembut untuk kulit Anda. Ketika memilih pelembab yang memiliki kandungan minyak, pilihlah minyak mineral yang sanggup melawan jerawat dan memiliki daya pelembab tinggi.

Walau bahan ini tidak terlalu dikenal, namun bahan ini biasa dipakai untuk vaselin (petroleum) dalam bidang kedokteran dan dermatologi. Jadi Anda tidak perlu khawatir sebab bahan ini sudah biasa dipakai untuk mencegah kulit kering. Di lain sisi, minyak hewani dan nabati bisa jadi sumber bakteri yang mengakibatkan jerawat sehingga membuat jerawat Anda tambah parah. Maka dari itu, tidak ada salahnya pilih pelembab wajah untuk kulit berjerawat yang memiliki kandungan mineral oil.
Profil

Dokter ginekologi

Author:Dokter ginekologi
Selamat datang ke FC2!

Artikel Terbaru
Komen Terbaru
Trackback Terbaru
Arsip Bulanan
Kategori
Borang Pencarian
Tampilkan Link RSS
Link
Form permintaan pertemanan

Jadikan teman