Masuk Ke PTN, Alternatifnya SNMPTN Atau SBMPTN

Terkecuali jalur nasional (SNMPTN) serta jalur SBMPTN, ada juga satu jalur penerimaan yakni Seleksi Mandiri PTN. Jadi buat lo yang terasa masuk di jurusan inceran lo lewat SNMPTN atau SBMPTN sangat sulit, lo dapat cobalah bidik Seleksi Mandiri PTN ini. Seleksi Mandiri PTN adalah penerimaan mahasiswa baru di satu PTN yang diselenggarakan serta dikelola sendiri oleh perguruan tinggi itu. Jadi contoh Kampus Negeri Malang (UM) nih ngadain penerimaan spesial UM sendiri (diluar jalur nasional serta SBMPTN) jadi itu termasuk juga Seleksi Mandiri PTN. Gitu.

Masuk Ke PTN, Alternatifnya SNMPTN Atau SBMPTN


Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program S1

Dalam Permenristek Dikti Nomer 2 Th. 2015, Penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada PTN th. 2015 terbagi dalam Seleksi Nasional (SNMPTN), Seleksi Mandiri Berbarengan (SBMPTN) serta Seleksi Mandiri PTN. SBMPTN serta Seleksi Mandiri PTN tergabung dalam 1 kelompok yakni Seleksi Mandiri, bedanya SBMPTN dikelola dengan cara terpusat untuk semuanya PTN, sedang Seleksi Mandiri PTN dikelola oleh semasing PTN yang mengadakan, sesuai sama ketentuan yang berlaku.

Jalur penerimaan PTNJalur penerimaan PTN

Beberapa jenis Seleksi Mandiri PTN

Lantaran dikelola sendiri oleh semasing PTN, jadi macam seleksi mandiri PTN tidak sama. Sebagian mekanisme Seleksi Mandiri PTN yakni :

Ujian Mandiri/Catat : Adalah mekanisme Seleksi Mandiri PTN dengan mengadakan ujian/tes. PTN yang menggunakan mekanisme seleksi ini diantaranya : UI (SIMAK UI), UNAIR, UNDIP, UGM (UTUL), UB (SPMK), IPB (UTMI) dan lain-lain.
Seleksi Raport/PMDK : Adalah mekanisme Seleksi Mandiri PTN dengan lakukan seleksi raport/prestasi. PTN yang menggunakan mekanisme seleksi ini diantaranya : UGM (PBUTM).

Seleksi Lewat Nilai SBMPTN : Adalah mekanisme Seleksi Mandiri PTN dengan lihat nilai SBMPTN siswa. Jadi PTN tak mengadakan tes, namun cukup lihat hasil SBMPTN calon mahasiswa untuk lalu dirangking. Jadi pendaftar mesti turut SBMPTN terlebih dulu. PTN yang th. 2014 menggunakan mekanisme ini diantaranya : ITS, UNHAS

Jadi jika digambarkan berbentuk bagan, jadi bakal jadi ini

penerimaan-maba-PTN

Dari bagan diatas telah tau kan bedanya SNMPTN serta PMDK? Ya walau keduanya sama seleksi raport/prestasi, tetapi apabila lo simak di bagan, posisinya telah beda.

Nah, tetapi ada pula nih sebagian PTN yang penerimaan maba-nya tak lewat Seleksi Mandiri PTN, jadi penerimaannya cuma dari SNMPTN serta SBMPTN. Hal semacam ini bisa lantaran memanglah sesuai sama Permenristek Dikti Nomer 2 Th. 2015, tiap-tiap PTN bisa melakukan Seleksi Mandiri PTN dengan kuota optimal 20% dari keseluruhan kuota mahasiswa baru, berarti bisa tak mengadakan dengan kata lain 0%. PTN yg tidak mengadakan Seleksi Mandiri PTN diantaranya : ITB, UNPAD serta UNAND

Apakah Seleksi Mandiri PTN senantiasa mahal?

Banyak anak yang skeptis jika memperoleh tawaran untuk ikuti Seleksi Mandiri PTN. “Ga ah gan! saya tak ada duit”. Umumnya sih gitu. Namun tunggulah dahulu deh, apakah semuanya jalur mandiri senantiasa mahal? Nyatanya tidak kok. Terdapat beberapa PTN yang memberlakukan perlakuan cost kuliah yang sama untuk yang di terima di semuanya jalur penerimaan, umpamanya di SIMAK UI (Reguler), UTMI IPB, atau di UM Malang.

Namun memanglah ada pula sebagian PTN yang memberlakukan mahasiswa yang di terima lewat Seleksi Mandiri PTN itu lebih mahal apabila di banding dengan jalur SNMPTN atau SBMPTN. Di sebagian PTN itu, untuk yang di terima lewat Seleksi Mandiri PTN, segera di plot di UKT (Duit Kuliah Tunggal) demikian serta demikian. Hingga pilihan cost nya jadi lebih sedikit. Jadi rajin-rajin teliti dahulu di situs semasing PTN sebelumnya anda mengambil keputusan daftar di Seleksi Mandiri PTN yang anda kehendaki ya.

Lepas dari asumsi biayanya yang mahal, sesungguhnya Seleksi Mandiri PTN itu alternatif untuk masuk di jurusan di PTN yang lo kehendaki untuk yang tidak berhasil memperolehnya di SNMPTN atau SBMPTN. Lantaran memanglah persaingan di Seleksi Mandiri itu relatif di bawah SNMPTN serta SBMPTN (walau di sebagian PTN spesifik, persaingannya juga ketat). Jadi buat lo yang memanglah inginkan masuk jurusan spesifik serta PTN spesifik, tekuni cost, system, serta masalah jalur mandirinya dari mulai saat ini ya.

Perbedaannya Dengan SNMPTN dan SBMPTN PENMADA UNJ

Apakah anda benar-benar tahu apakah itu PENMABA UNJ? Apa ketidaksamaannya dengan jalur SNMPTN atau SBMPTN? Apakah ijazah yang bakal di terima sama dengan yang lain? Simak penuturannya di bawah ini :

Apakah itu PENMABA UNJ?
PENMABA yaitu jalur mandiri UNJ yang dikerjakan pertama kalinya pada 2003 untuk menyaring mahasiswa baru terkecuali jalur reguler, yakni SNMPTN serta SBMPTN. Seperti perguruan tinggi biasanya, jalur PENMABA UNJ mempunyai standard ujian, jumlah kursi penerimaan serta cost kuliah tidak sama dengan jalur reguler.

Perbedaannya Dengan SNMPTN dan SBMPTN PENMADA UNJ


Cost kuliah mahasiswa PENMABA di UNJ
Kepala Sekretariat POM UNJ, Sudrajat, menyampaikan kalau jalur PENMABA yaitu jalur spesial calon mahasiswa dari keluarga yang dapat. Sebab, dimuka pengerjaannya, mahasiswa yang masuk lewat jalur PENMABA dipakai cost awal tambah lebih mahal daripada jalur reguler. Sekarang ini, Kampus Negeri Jakarta mengaplikasikan system pembayaran UKT (Duit Kuliah Tunggal) hingga penetapan cost kuliah dihitung berdasar pada kekuatan mahasiswa.

Sistem belajar untuk mahasiswa PENMABA
Pertama kalinya masuk kuliah, tiap-tiap angkatan bakal terpisah berdasar pada jalur masuknya : Jalur SNMPTN serta SBMPTN ada dalam kelas reguler, sedang jalur PENMABA ada di kelas non-reguler.

Jadwal kelas reguler dikerjakan lebih dahulu. Berarti, kelas reguler semakin lebih banyak memperoleh jadwal kelas pada pagi hari. Baru lalu disusul jadwal kelas non-reguler serta kelas ekstensi bila ada.

Biasanya, waktu masuk semester ke-5, posisi jadwal kelas bakal beralih sesuai sama peminatan program studi serta kekuatan semasing mahasiswa. Berarti, mahasiswa PENMABA bisa ada di kelas yang sama juga dengan mahasiswa SNMPTN serta SBMPTN.

Dari sisi materi ajar, dosen serta pekerjaan yang didapatkan, tak ada ketidaksamaan pada kelas regular ataupun non-reguler.

Beasiswa untuk mahasiswa PENMABA UNJ
Mahasiswa PENMABA UNJ bisa memperoleh beasiswa pendidikan dari pihak swasta diluar universitas. Sebab, biasanya, beasiswa yang ada dari UNJ serta pihak negeri yang lain mengutamakan mahasiswa jalur reguler sebagai penerimanya.

Beasiswa luar negeri paling baru bisa anda peroleh di Twitter @KampusUNJ dengan hashtag #infoBeasiswa.

Ketidaksamaan ijazah mahasiswa PENMABA serta SNMPTN & SBMPTN
Tak ada ketidaksamaan pada ijazah mahasiswa PENMABA serta mahasiswa SNMPTN atau SBMPTN. Ketiganya disadari negara serta bisa dipertanggungjawabkan.

Kapan PENMABA UNJ diawali?
Biasanya, saat pendaftaran PENMABA dikerjakan sesudah sistem penerimaan SNMPTN serta SBMPTN usai. Pendaftaran dikerjakan dengan cara on-line di bln. Mei sampai Juli. Sistem ujian serta pengumuman PENMABA umumnya dikerjakan dengan cara tercatat pada bln. Agustus.

Bagaimana? Cukup mudah bukan mengetahuinya? Untuk melengkapi mari kita ketahui informasi dari hasil pengumuman sbmptn disini.

Perbedaan SNMPTN, SBMPTN Ujian Mandiri? Disini Jawabannya

Perbedaan SNMPTN, SBMPTN Ujian Mandiri - Pastinya banyak teman-teman disini yang ingin diterima di Perguruan Tinggi Negeri. Ditahun 2016, untuk dapat diterima masuk di Pendidikan Perguruan Tinggi, teman-teman dapat menempuh 3 jalur seleksi masuk yaitu SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri. Pasti temen-temen banyak yang bertanya-tanya apa sih perbedaan SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandir? Untuk menjawab pertanyaan teman-teman sekalian, berikut ini adalah perbedaan dari ketiganya.

Perbedaan SNMPTN, SBMPTN Ujian Mandiri

• Segi Proses Pelaksanaan
SNMPTN merupakan seleksi penerimaan Perguruan Tinggi Negeri yang diselenggarakan dengan cara meyeleksi peserta berdasarkan nilai raport, nilai UN, dan nilai-nilai prestasi akademis lain. Sedangkan SBMPTN merupakan seleksi masuk yang menggunakan 2 bentuk seleksi yaitu PBT dan CBT. PBT adalah ujian tertulis yang teman-teman telah ketahui, sedangkan CBT adalah Computer Base Test yang melakukan seleksi dengan komputer. Sedangkan Ujian Mandiri sifat seleksinya lebih beragam karena ditentukan sendiri oleh perguruan tinggi masing-masing. Jika SNMPTN dan SBMPTN diselenggarakan secara bersama-sama, maka ujian mandiri diselenggarakan oleh perguruan tinggi secara tersendiri. SNMPTN, SBMPTN (CBT dan PBT), serta Ujian mandiri akan memiliki jadwal yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain. [Baca juga: info hasil pengumuman sbmptn terbaru].

• Segi Biaya
Perbedaan SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandir selanjutnya dapat dilihat dari segi biaya pendidikan. Jika teman-teman mengamati, seleksi SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri memiliki dampak yang ketara dari segi biaya yang akan dikeluarkan kelak di perguruan tinggi. Bila teman-teman masuk melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, biaya kuliah teman-teman masih akan mendapat subsidi dari pemerintah, sehingga teman-teman akan merasakan adanya pengurangan biaya pendidikan. Sedangkan bila teman-teman masuk melalui jalur mandiri, biaya pendidikan yang akan teman-teman keluarkan tentunya akan lebih banyak karena tidak mendapat subsidi dari pemerintah dan benar-benar teman-teman tanggung sendiri. Dari segi biaya pendaftaran, SNMPTN tidak memungut biaya alias gratis. Sedangkan SBMPTN dan Ujian Mandiri terdapat biaya pendaftaran, yang telah ditentukan.

• Segi Kuota Penerimaan
SNMPTN, SBMPTN, dan ujian mandiri memiliki jatah kuota penerimaan yang berbeda antara satu dengan yang lain. Seleksi masuk dengan SNMPTN memiliki kuota 40%, SBMPTN 30%, dan Ujian mandiri memiliki kuota maksimal 30%. Kuota tersebut merupakan kuota penerimaan tahun 2016. Terus apa akibat dari penentuan kuota ini? tentunya akibatnya ada di semakin beratnya persaingan dan presentase penerimaan.

• Segi pelaksana
Secara lebih mudah untuk membedakan SNMPTN, SBMPTN, dan UM adalah dengan melihat siapa yang menyelenggarakan. SNMPTN diselenggarakan oleh Kemendikbud, SBMPTN oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri, dan UM dilaksanakan oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri.

Nah hal-hal tersebut adalah perbedaan SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri. Untuk itu, bagi teman-teman yang masih bingung atau masih mempertanyaan dari masing-masing seleksi mudah-mudahan terjawabkan. Semoga informasi tersebut dapat membantu teman-teman dalam menjalani seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri.
Profil

Dokter ginekologi

Author:Dokter ginekologi
Selamat datang ke FC2!

Artikel Terbaru
Komen Terbaru
Trackback Terbaru
Arsip Bulanan
Kategori
Borang Pencarian
Tampilkan Link RSS
Link
Form permintaan pertemanan

Jadikan teman