Perbedaan SNMPTN, SBMPTN Ujian Mandiri? Disini Jawabannya

Perbedaan SNMPTN, SBMPTN Ujian Mandiri - Pastinya banyak teman-teman disini yang ingin diterima di Perguruan Tinggi Negeri. Ditahun 2016, untuk dapat diterima masuk di Pendidikan Perguruan Tinggi, teman-teman dapat menempuh 3 jalur seleksi masuk yaitu SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri. Pasti temen-temen banyak yang bertanya-tanya apa sih perbedaan SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandir? Untuk menjawab pertanyaan teman-teman sekalian, berikut ini adalah perbedaan dari ketiganya.

Perbedaan SNMPTN, SBMPTN Ujian Mandiri

• Segi Proses Pelaksanaan
SNMPTN merupakan seleksi penerimaan Perguruan Tinggi Negeri yang diselenggarakan dengan cara meyeleksi peserta berdasarkan nilai raport, nilai UN, dan nilai-nilai prestasi akademis lain. Sedangkan SBMPTN merupakan seleksi masuk yang menggunakan 2 bentuk seleksi yaitu PBT dan CBT. PBT adalah ujian tertulis yang teman-teman telah ketahui, sedangkan CBT adalah Computer Base Test yang melakukan seleksi dengan komputer. Sedangkan Ujian Mandiri sifat seleksinya lebih beragam karena ditentukan sendiri oleh perguruan tinggi masing-masing. Jika SNMPTN dan SBMPTN diselenggarakan secara bersama-sama, maka ujian mandiri diselenggarakan oleh perguruan tinggi secara tersendiri. SNMPTN, SBMPTN (CBT dan PBT), serta Ujian mandiri akan memiliki jadwal yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain. [Baca juga: info hasil pengumuman sbmptn terbaru].

• Segi Biaya
Perbedaan SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandir selanjutnya dapat dilihat dari segi biaya pendidikan. Jika teman-teman mengamati, seleksi SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri memiliki dampak yang ketara dari segi biaya yang akan dikeluarkan kelak di perguruan tinggi. Bila teman-teman masuk melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, biaya kuliah teman-teman masih akan mendapat subsidi dari pemerintah, sehingga teman-teman akan merasakan adanya pengurangan biaya pendidikan. Sedangkan bila teman-teman masuk melalui jalur mandiri, biaya pendidikan yang akan teman-teman keluarkan tentunya akan lebih banyak karena tidak mendapat subsidi dari pemerintah dan benar-benar teman-teman tanggung sendiri. Dari segi biaya pendaftaran, SNMPTN tidak memungut biaya alias gratis. Sedangkan SBMPTN dan Ujian Mandiri terdapat biaya pendaftaran, yang telah ditentukan.

• Segi Kuota Penerimaan
SNMPTN, SBMPTN, dan ujian mandiri memiliki jatah kuota penerimaan yang berbeda antara satu dengan yang lain. Seleksi masuk dengan SNMPTN memiliki kuota 40%, SBMPTN 30%, dan Ujian mandiri memiliki kuota maksimal 30%. Kuota tersebut merupakan kuota penerimaan tahun 2016. Terus apa akibat dari penentuan kuota ini? tentunya akibatnya ada di semakin beratnya persaingan dan presentase penerimaan.

• Segi pelaksana
Secara lebih mudah untuk membedakan SNMPTN, SBMPTN, dan UM adalah dengan melihat siapa yang menyelenggarakan. SNMPTN diselenggarakan oleh Kemendikbud, SBMPTN oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri, dan UM dilaksanakan oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri.

Nah hal-hal tersebut adalah perbedaan SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri. Untuk itu, bagi teman-teman yang masih bingung atau masih mempertanyaan dari masing-masing seleksi mudah-mudahan terjawabkan. Semoga informasi tersebut dapat membantu teman-teman dalam menjalani seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri.
Profil

Dokter ginekologi

Author:Dokter ginekologi
Selamat datang ke FC2!

Artikel Terbaru
Komen Terbaru
Trackback Terbaru
Arsip Bulanan
Kategori
Borang Pencarian
Tampilkan Link RSS
Link
Form permintaan pertemanan

Jadikan teman